Logo SMP 3 Banguntapan NEW500

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN
TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Jalur Pendaftaran

Daftar Sekarang !

PPDB-Online-compres

https://bantulkab.siap-ppdb.com/

Ada yang ingin ditanyakan ?

Anda dapat ke sekolah pada hari Senin-Sabtu pukul 07.30-13.00 WIB atau hub no WA di bawah ini

Jalur Afirmasi (17-19 Juni 2021)

  1. Jalur Afirmasi  adalah  yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kab. Bantul (Dinsos P3A Bantul) serta penyandang disabilitas.
  2. Calon peserta didik baru jalur afirmasi hanya dapat memilih 1 sekolah pilihan
  3. Jadwal Pendaftaran

No

Kegiatan

Tanggal

Jam

Keterangan

1

Pengajuan

Pendaftaran

(Online)

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

24 Jam

http://bantulkab.siap-ppdb.com

Khusus 19 Juni  2021 pukul 11.00 WIB. (hari terakhir)

2

Verifikasi

Pendaftaran

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

08.00-12.00 WIB

Disekolah pilihan pertama

3

Pengumuman

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00 WIB

Papan pengumuman sekolah pendaftar diterima

4

Daftar Ulang

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00-15.00 WIB

Di sekolah pendaftar diterima

  1. Calon peserta didik baru yang dapat mendaftar harus menyerahkan:
    • Bukti Pengajuan Online asli
    • Fotokopi kartu program penanganan keluarga tidak mempu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah (seperti PKH, BPNT). Apabila memiliki kartu peserta program penanggulangan kemiskinan namun tidak terdaftar di DTKS wajib menyerahkan surat rekomendasi asli dari Dinas Sosial P3A Bantul
    • Fotokopi Ijazah SD/MI/Paket A dan/atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli yang menyantumkan NISN
    • Fotokopi KTP orang tua/wali 1 lembar
    • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar dan menunjukkan aslinya
    • Fotokopi Akte Kelahiran 1 lembar
    • Pas Foto ukuran 3×4 berwarna 4 lembar
    • Surat pernyataan bermatrai 10.000 (sepuluh ribu)
  2. Pendaftar melebihi daya tampung, maka penentuan berdasarkan:
    • Tempat tinggal dalam zona
    • Pilihan sekolah (diprioritas sekolah pilihan pertama)
    • Calon peserta didik baru yang berasal dari dalam Kabupaten Bantul
    • Pendaftaran lebih awal
  3. Calon peserta didik baru yang telah dinyatakan diterima pada pengumuman hasil seleksi, tidak dapat mengikuti PPDB jalur lainnya.
  4. Calon peserta didik baru tidak diterima dapat mengikuti PPDB jalur lainnya.

Jalur Prestasi (17-19 Juni 2021)

  1. Jalur Prestasi  adalah jalur penerimaan calon peserta didik baru berdasarkan nilai gabungan dan nilai prestasi akademik/nonakademik pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, dan/atau tingkat kabupaten/kota jika ada, pada saat seleksi/proses PPDB.
  2. Calon peserta didik baru jalur prestasi hanya dapat memilih 2 sekolah pilihan
  3. PPDB Jalur Prestasi ditentukan berdasarkan:
    • Nilai Gabungan
    • Prestasi akademik maupun non akademik
    • Calon Peserta Didik Baru Luar Kab. Bantul menyerahkan fotokopi rerata nilai rapor 5 semester dan memiliki nilai ASPD
  4. Jadwal Pendaftaran

No

Kegiatan

Tanggal

Jam

Keterangan

1

Pengajuan

Pendaftaran

(Online)

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

24 Jam

http://bantulkab.siap-ppdb.com

Khusus 19 Juni  2021 pukul 11.00 WIB. (hari terakhir)

2

Verifikasi

Pendaftaran

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

08.00-12.00 WIB

Disekolah pilihan pertama

3

Pengumuman

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00 WIB

Papan pengumuman sekolah pendaftar diterima

4

Daftar Ulang

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00-15.00 WIB

Di sekolah pendaftar diterima

  1. Calon peserta didik baru yang dapat mendaftar harus menyerahkan:
    • Bukti Pengajuan Online asli
    • Rekomendasi nilai tambahan prestasi akademik/nonakademik dan fotokopi sertifikat/piagam (jika memiliki)
    • Fotokopi Ijazah SD/MI/Paket A dan/atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli yang mencantumkan NISN
    • Fotokopi KTP orang tua/wali 1 lembar
    • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar dan menunjukkan aslinya
    • Fotokopi Akte Kelahiran 1 lembar
    • Pas Foto ukuran 3×4 berwarna 4 lembar
  2. Pendaftar melebihi daya tampung, maka penentuan berdasarkan:
    • Pilihan sekolah (diprioritas sekolah pilihan pertama)
    • Calon peserta didik baru yang berasal dari dalam Kabupaten Bantul
    • Pendaftaran lebih awal
  3. Calon peserta didik baru yang telah dinyatakan diterima pada pengumuman hasil seleksi, tidak dapat mengikuti PPDB jalur lainnya.
  4. Calon peserta didik baru tidak diterima dapat mengikuti PPDB jalur lainnya

Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (17-19 Juni 2021)

  1. Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali adalah jalur PPDB yang diperuntukan bagi calon peserta didik karena perpindahan tugas/kerja orang tua/walinya dengan dibuktikan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang memperkerjakan paling lama 3 tahun terakhir sebelum pelaksanaan PPDB.
  2. Calon peserta didik baru jalur prestasi hanya dapat memilih 1 sekolah pilihan
  3. Jadwal Pendaftaran

No

Kegiatan

Tanggal

Jam

Keterangan

1

Pengajuan

Pendaftaran

(Online)

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

24 Jam

http://bantulkab.siap-ppdb.com

Khusus 19 Juni  2021 pukul 11.00 WIB. (hari terakhir)

2

Verifikasi

Pendaftaran

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

08.00-12.00 WIB

Disekolah pilihan pertama

3

Pengumuman

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00 WIB

Papan pengumuman sekolah pendaftar diterima

4

Daftar Ulang

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00-15.00 WIB

Di sekolah pendaftar diterima

  1. Calon peserta didik baru yang dapat mendaftar harus menyerahkan:
    • Bukti Pengajuan Online asli
    • Surat/Keputusan Perpindahan Tugas
    • Surat rekomendasi Dinas Dikpora Kab. Bantul
    • Surat Pernyataan bermatrai 10.000 (sepuluh ribu)
    • Fotokopi Ijazah SD/MI/Paket A dan/atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli yang mencantumkan NISN
    • Fotokopi KTP orang tua/wali 1 lembar
    • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar dan menunjukkan aslinya
    • Fotokopi Akte Kelahiran 1 lembar
    • Pas Foto ukuran 3×4 berwarna 4 lembar
  2. Pendaftar melebihi daya tampung, maka penentuan berdasarkan:
    • Tempat tinggal dalam zona
    • Pendaftaran lebih awal
  3. Calon peserta didik baru yang telah dinyatakan diterima pada pengumuman hasil seleksi, tidak dapat mengikuti PPDB jalur lainnya
  4. Calon peserta didik baru tidak diterima dapat mengikuti PPDB jalur lainnya

Jalur Zonasi Lingkungan Sekolah (LS) 500 meter (17-19 Juni 2021)

  1. Jalur Zonasi Lingkungan Sekolah (LS) adalah calon peserta didik baru yang tinggal di lingkungan sekolah dengan radius paling jauh 500 meter dari titik sekolah hingga pintu depan rumah calon peserta didik baru sesuai dengan alamat yang tercantum pada kartu keluarga/C1 calon peserta didik baru. Batas peta udara/satelit dengan radius tersebut dapat di bawah ini.
  2. Calon peserta didik baru jalur zonasi LS hanya dapat memilih 1 sekolah pilihan
  3. Jadwal Pendaftaran

No

Kegiatan

Tanggal

Jam

Keterangan

1

Pengajuan

Pendaftaran

(Online)

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

24 Jam

http://bantulkab.siap-ppdb.com

Khusus 19 Juni  2021 pukul 11.00 WIB. (hari terakhir)

2

Verifikasi

Pendaftaran dan survai rumah

Kamis-Sabtu, 17-19 Juni 2021

08.00-12.00 WIB

Disekolah pilihan pertama

3

Pengumuman

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00 WIB

Papan pengumuman sekolah pendaftar diterima

4

Daftar Ulang

Sabtu, 19 Juni 2021

13.00-15.00 WIB

Di sekolah pendaftar diterima

  1. Calon peserta didik baru yang dapat mendaftar harus menyerahkan:
    • Bukti Pengajuan Online asli
    • Fotokopi Ijazah SD/MI/Paket A dan/atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli yang mencantumkan NISN
    • Fotokopi KTP orang tua/wali 1 lembar
    • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar dan menunjukkan aslinya
    • Fotokopi Akte Kelahiran 1 lembar
    • Pas Foto ukuran 3×4 berwarna 4 lembar
  2. Pendaftar melebihi daya tampung, maka penentuan berdasarkan:
    • Jarak sekolah ke rumah calon peserta didik terdekat
    • Pendaftaran lebih awal
  3. Calon peserta didik baru yang telah dinyatakan diterima pada pengumuman hasil seleksi, tidak dapat mengikuti PPDB jalur lainnya
  4. Calon peserta didik baru tidak diterima dapat mengikuti PPDB jalur lainnya

Jalur Zonasi Umum (21-23 Juni 2021)

  1. Jalur Zonasi Umum  adalah  jalur PPDB berdasarkan pembagian wilayah yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan zona yang berlaku
  2. Calon peserta didik baru jalur zonasi umum hanya dapat memilih 2 sekolah pilihan
  3. Ketentuan Zonasi
    • Pembagian Zonasi SMP

Zonasi

Kapanewon

Zona 1

Sedayu

Pajangan

Srandakan

Pandak

Zona 2

Sanden

Bambanglipuro

Kretek

Zona 3

Pundong

Imogiri

Jetis

Zona 4

Banguntapan

Pleret

Piyungan

Dlingo

Zona 5

Bantul

Sewon

Kasihan

  • Penambahan Poin Nilai Akhir
    1. Pendaftar berasal dari dalam satu wilayah Kapanewon dengan sekolah yang ditujuh diberikan poin 50;
    2. Pendaftar berasal dari luar wilayah Kapanewon dalam satu zona dengan sekolah yang dituju diberikan poin 30;
    3. Pendaftar berasal dari luar zona dengan sekolah dalam kabupaten diberi poin 20;
    4. Pendaftar berasal dari luar kabupaten tidak diberi poin.
  1. Jadwal Pendaftaran

No

Kegiatan

Tanggal

Jam

Keterangan

1

Pengajuan

Pendaftaran

(Online)

Senin – Rabu,

21 s.d. 23 Juni

2021

24 jam

http://bantulkab.siap-ppdb.com

Khusus 23 Juni  2021 pukul 12.00 WIB. (hari terakhir)

2

Verifikasi

Pendaftaran

Senin – Rabu,

21 s.d. 23 Juni

2021

08.00-12.00 WIB

Disekolah pilihan pertama

3

Pengumuman

Rabu, 23 Juni

2021

14.00 WIB

Papan pengumuman sekolah pendaftar diterima

4

Daftar Ulang

Kamis – Jumat, 24 s.d. 25 Juni 2021

08.00-12.00 WIB

Di sekolah pendaftar diterima

  1. Calon peserta didik baru yang dapat mendaftar harus menyerahkan:
    • Bukti Pengajuan Online asli
    • Fotokopi Ijazah SD/MI/Paket A dan/atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli yang mencantumkan NISN
    • Fotokopi KTP orang tua/wali 1 lembar
    • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar dan menunjukkan aslinya
    • Pas Foto ukuran 3×4 berwarna 4 lembar
  2. Pendaftar melebihi daya tampung, maka penentuan berdasarkan:
    • Rata-rata nilai ASPD
    • Pilihan sekolah (diprioritas sekolah pilihan pertama)
    • Pendaftaran lebih awal
    • Usia yang lebih tua
  3. Calon peserta didik baru yang telah dinyatakan diterima pada pengumuman hasil seleksi, tidak dapat mengikuti PPDB jalur lainnya.

DAYA TAMPUNG

Daya tampung peserta didik baru kelas VII (tujuh) tahun pelajaran 2021/2022 yaitu 217 peserta didik dengan pembagian pada masing-masing jalur sebagai berikut;

  1. Kuota Jalur Afirmasi paling banyak 15%
  2. Kuota Jalur Prestasi paling banyak 25%
  3. Kuota Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali paling banyak 5%
  4. Kuota Jalur Zonasi Lingkungan Sekolah paling banyak 5%
  5. Kuota Jalur Zonasi Umum paling sedikit 50%

Apabila dalam seleksi jalur afirmasi, prestasi, perpindahan orang tua/wali, dan zonasi lingkungan sekolah terdapat sisa kuota yang tidak terisi, maka akan di akumulasikan ke jalur zonasi umum

BIAYA

PPDB SMP Negeri 3 Banguntapan tidak dipungut biaya (gratis)

KETENTUAN LAINNYA

Berkas pendaftaran dimasukkan dalam map, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Jalur Afirmasi stopmap warna Kuning
  2. Jalur Prestasi stopmap warna Hijau
  3. Jalur Perpindahan Orang Tua stopmap Mika Transparan
  4. Jalur Zonasi Lingkungan Sekolah stopmap Merah
  5. Jalur Zonasi Umum stopmap warna Biru

Apabila terdapat perubahan kebijakan proses PPDB yang sedang berlangsung dari pemerintah pusat maupun daerah sesuai dengan edaran yang berlaku, maka akan ada pengumuman dari sekolah penyelenggara dan update sistem PPDB online langsung.

PENGUMUMAN HASIL PPDB