PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
TAHUN AJARAN 2020/2021

Pendaftaran/Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 3 Banguntapan di atur berdasarkan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul No.86 Tanggal 11 Mei 2020. Secara ringkas dijabarkan sebagai berikut ini.

Pembagian Jalur Pendaftaran

Jalur Arifmasi

Jalur Afirmasi adalah yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan tercatat di Basis Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul.

Jalur Perpindahan Tugas

Jalur Perpindahan Orang tua adalah jalur PPDB yang diperuntukan bagi calon peserta didik di luar zonasi yang pindah domisili dalam zonasi karena perpindahan tugas/kerja orang tuanya dengan dibuktikan surat penugasan dari instansi

Jalur Prestasi

Jalur Prestasi adalah yang mempunyai Nilai Gabungan (NG) paling sedikit 240* (dua ratus empat puluh) atau rata-rata nilai setelah pembobotan 80 (delapan puluh) dan/atau ditambah nilai prestasi akademik/nonakademik apabila memiliki.

Jalur Zonasi

Jalur Zonasi adalah jalur PPDB berdasarkan pembagian wilayah yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan zonasi yang berlaku. SMPN 3 Banguntapan termasuk kedalam Zona 4 (Banguntapan, Pleret, Piyungan, Dlingo)

Jalur Arifmasi, Perpindahan Tugas Ortu dan Prestasi dimulai hari
Kamis-Sabtu, 25-27 Juni 2020 di SMPN 3 Banguntapan pukul 08.00-12.00 WIB

Jalur Zonasi dimulai hari Senin 29 Juni s.d. Rabu, 1 Juli 2020 pukul 08.00-14.00 WIB

Alur Pendaftaran (Semua Jalur)

Bagi pendaftar luar kab. Bantul, pengajuan pendaftaran langsung di sekolah pilihan 1 dengan membawa berkas yang diminta.

Sebelum ingin mendaftar, Bapak/Ibu jangan panik/binggung dan resah, kami akan menjelaskan secara ringkas dan bertahap agar bapak/ibu dapat memahami dengan baik. Silahkan siapakan berkas-berkas dibawah ini terlebih dahulu.

  1. Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran Online [hanya bisa 1x], bapak/ibu dapat memperolehnya dengan mendaftar di bantulkab.siap-ppdb.com secara online 24 jam (sesuai jadwal, kecuali hari terakhir tiap jalur hanya sampai jam 11.00 WIB) dari rumah dan jangan lupa di print/cetak. (siapkan 2 pilihan sekolah)
  2. No Ujian SD, Jika belum memiliki silahkan hubungi SD/MI asal (No Ujian terdiri dari 11 digit angka)
  3. Ijazah/STTB atau Surat Keterangan Lulus asli (cap basah bukan scan)
  4. Usia maksimal 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2020
  5. Kartu Keluarga (KK/C1) fotocopy dan asli (yang asli hanya untuk di tunjukkan jangan di serahkan panitia, fotocopy KK tidak perlu di legalisir)
  6. Semua berkas di masukkan ke dalam stopmap sesuai Jalur;
    1. Jalur Afirmasi  Stopmap warna Hijau
    2. Jalur Perpindaha Stopmap warna Biru
    3. Jalur Prestasi Stopmap warna Kuning
    4. Jalur Zonasi Stopmap warna Merah
NB :
1. Jalur Afirmasi, apakah perlu melampirkan kartu jaminan sosial/sejenisnya ? Tidak karena yang menggunakan jalur afirmasi data sudah ditanam di Server dalam BDT (basis data terpadu) yang diambil dari dinas sosial dan ducapil, kecuali dari luar kab. Bantul melampirkan suket dari ducapil (https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/)
2. Jalur Prestasi, minimal nilai 240 atau rata-rata 80 (*revisi sesuai juknis no 91 tgl 28 Mei 2020)
3. Pengajuan hanya bisa dilakukan 1x saja
4. Bagi pendaftar luar kab. Bantul, pengajuan pendaftaran langsung di sekolah pilihan 1 dengan membawa berkas yang diminta.

Semua sistem pendaftaran PPDB SMP Negeri (RTO) di Bantul selama covid-19 dilakukan secara online melalui situs https://bantulkab.siap-ppdb.com/ dan mencetak Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran. Jika calon siswa berasal dari SD/MI luar kab. Bantul pendaftaran langsung ke sekolah pilihan 1 untuk mendaftar manual. Berikut ini cara pendaftaran melalui bantulkab.siap-ppdb.com untuk calon siswa kab. Bantul secara garis besar :

1. Buka Situ https://bantulkab.siap-ppdb.com/

2. Pilih Jalur Pendaftaran

3. Selahkan baca terlebih dahulu menu Aturan, Jadwal dan lainnya. Jika sudah Bapak/Ibu bisa klik menu Daftar atau Mndaftarkan Diri

4. Pada Menu Pendaftaran Online isi data yang di minta seperti No Ujian dari SD/MI, Asal Sekolah, sampai mengisi NIK calon siswa dan isi Kode Keamanan yang tampil di gambar

5. Cek kembali data lalu klik Lanjutkan

6.  Isi data yang diminta pada halaman ini selengkap dan sebenar-benarnya. Untuk No HP Ortu/Wali wajib di isi bisa juga di isi dengan no WA. Nama Ibu kandung harus sesuai KK/C1

7. Cek kembali data lalu klik Lanjutkan

8. Selanjutnya Bapak/Ibu akan diminta untuk memasukkan 2 sekolah pilihan. Sekolah pilihan 1 untuk prioritas dan sekolah pilihan 2 untuk cadangan, jika saat mendaftar di sekolah pilihan 1 tidak lolos maka akan otomatis mengikuti seleksi sekolah pilihan 2 (pilihan 2 tidak menjamin langsung di terima karena masih diseleksi)

9. klik tombol + Pilih/Tambah Sekolah

10. Ketikkan sekolah pilihan 1 dan klik tombol cari, akan muncul sekolah yang dimaksud dan klik sekolah tersebut

11. lakukan hal yang sama untuk memilih sekolah pilihan 2 dan klik Lanjutkan

12. Langkah paling penting, cek kembali data-data yang terisi dan pastikan semua benar karena pengajuan ini hanya boleh di lakukan 1x setiap calon siswa jika data tidak benar maka tidak dapat mendaftar lagi

13. Jika Bapak/Ibu sudah yakin dan sudah membaca semuanya klik/beri tanda centang pada Setuju dengan pernyataan di atas lalu klik Lanjutkan

14. Klik Cetak Bukti Ajuan Pendaftaran, hal ini wajib di lakuakan sebagai syarat terakhir pendaftaran, Jika Bapak/Ibu tidak memiliki bukti ini maka tidak bisa melakukan daftar ulang nanti.

Jika saat pendaftaran terjadi kendala, Bapak/Ibu bisa ke sekolah dengan membawa berkas-berkas dan memakai masker di lingkungan sekolah, serta mematuhi protolol kesehatan pencegahan covid-19. Cukup 1 orang tua/wali saja yang ke sekolah.

Cara cetak Ulang Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran

Pengumuman di jadwalkan sesuai dengan masing-masing jalur dan dapat dilihat dan di pantau dari rumah melalui bantulkab.siap-ppdb.com atau di laman ini.

  1. Jalur Arifmasi, Perpindahan Tugas dan Pestasi akan di umumkan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020 pukul 13.00 WIB
  2. Jalur Zonasi akan di umumkan pada hari Kamis, 2 Juli 2020 pukul 08.00 WIB

Calon peserta didik baru yang tidak lolos seleksi pada sekolah pilihan saat seleksi berlangsung masih bisa mendaftar pada jalur lain yang masih berlangsung.

NB : Jika calon peserta didik diterima di sekolah pilihan kedua, maka tidak perlu mangambil berkas pendaftaran, panitia akan mengirimkan ke sekolah yang diterima.

Cara cek hasil seleksi sementara, untuk mengetahui posisi/ranking pendaftaran akan muncul 1-2 jam setelah Bapak/Ibu cetak Tanda Bukti Pendaftran (selama jam/waktu pendaftaran 08.00-12.00 WIB);

1. Buka situs https://bantulkab.siap-ppdb.com/

2. Pilih Jalur Pendaftran, lalu Klik menu seleksi

3. Pilih sekolah

4. Gunakan menu navigasi untuk melihat halaman selanjutnya

5. Apabila di sekolah pilihan 1 tidak ada bisa mengecek sekolah pilihan 2 dengan cara yang sama

Seletah di terima pada saat pengumuman, silahkan siapkan berkas-berkas daftar ulang yang di minta sekolah. Bapak/Ibu bisa melihat syarat daftar ulang di website sekolah ini. Harap Bapak/Ibu dan calon peserta didik tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 (Menggunakan Masker dan Cuci Tangan dengan sabun di tempat yang disediakan).

  1. Jalur Arifmasi, Perpindahan Tugas dan Pestasi daftar ulang hari Sabtu, 27 Juni 2020 pukul 13.00-15.00 WIB di sekolah yang diterima
  2. Jalur Zonasi daftar ulang :
    • Hari Kamis 2 Juli 2020 : Nomor urut Ganjil pukul 08.00-15.00 WIB di sekolah yang diterima
    • Hari Jumat, 3 Juli 2020 : Nomor urut Ganap pukul 08.00-15.00 WIB di sekolah yang diterima

NB : Silahkan cek website sekolah ini untuk mengetahui Syarat Berkas dan Ruang untuk Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang :

  1. Membawa Alat Tulis sendiri (bolpoint hitam)
  2. SKL Asli dan fotocopy 1 lembar
  3. Fotocopy KK/C1 3 lembar dan menunjukkan asli (tidak perlu legalisir jika menunjukkan asli)
  4. Fotocopy Akte Kelahiran 3 lembar
  5. Mengisi Formulir Daftar Ulang dari sekolah
  6. Menyiapkan 2 nomor telp/HP dan bisa WhatsApp
  7. Bagi Jalur Perpindahan Tugas Ortu melampirkan Surat Rekomendasi dari Dinas Dikpora Bantul

Tidak perlu melampirkan dokumen lain yang tidak diminta.

Untuk saat ini masih menunggu intruksi dan kebijakan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Bantul.

(Senin, 13 Juli 2020)

Dan apabila ada informasi labih lanjut tentang tanggal masuk sekolah atau lainnya akan dihubungi oleh pihak panitia melalui no telp yang tercantum di Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran.

 

Sistem pembelajaran semester 1 (baru) di SMPN 3 Banguntapan TA 2020/2021 akan dirancang dengan sistem Daring/Online (Google Classroom/GCR, Meet, dsb) jika sekolah belum mendapatkan izin dari dinas terkait selama pandemik Covid-19.

Apabila jumlah pendaftar melebihi daya tampung pada masing-masing jalur PPDB, maka seleksi berdasarkan:

(Berdasarkan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul No.88 Tanggal 11 Mei 2020 dan revisi Perubahannya No 91 Tanggal 28 Mei 2020)

  1. Usia yang lebih tua;
  2. Tempat tinggal terdekat/ zona;
  3. Pilihan sekolah (diprioritaskan sekolah pilihan pertama);
  4. Calon Peserta didik baru yang berasal dari dalam Kabupaten Bantul (bagi jalur Perpindahan Tugas Ortu);
  5. Pendaftaran lebih awal.
  1. Nilai Gabungan; (*nilai rata 240)
  2. Pilihan sekolah (diprioritaskan sekolah pilihan pertama);
  3. Calon Peserta didik baru yang berasal dari dalam Kabupaten Bantul;
  4. Pendaftaran lebih awal.
  1. Usia yang lebih tua;
  2. Pilihan sekolah (diprioritaskan sekolah pilihan pertama);
  3. Pendaftaran lebih awal.

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI PPDB

0
Daya Tampung
0
Kelas

Daftar Disini

Buat Pengajuan PPDB disini https://bantulkab.siap-ppdb.com/

Pembagian Daya Tampung

Jalur Afirmasi
Daya Tampung 20%
Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua
Daya Tampung 5%
Jalur Prestasi
Daya Tampung 20%
Jalur Zonasi
Daya Tampung 55%

Kontak Person

    Tim PPDB SMP Negeri 3 Banguntapan Tahun 2020